Selasa, 13 Januari 2015

JURNAL LAYANAN PERBAIKAN SUMBER

LAYANAN PERBAIKAN SUMBER

Ahmad Sholikhin1, Farizky Alamanda Putra2, Ramzy Arviano3
                                                                                     
Jurusan Sistem Informasi, FIKTI, Universitas Gunadarma
Email : 1 farizky.putra@yahoo.com, 2ahmad.sholikhin@hotmail.com, 3 arviano.ramzy@gmail.com


ABSTRAK
       Pada penulisan ini yang berjudul layanan perbaikan sumber penulis akan menerangkan fungsi dari layanan perbaikan sumber ini dalam kebutuhan akan sdm yang dilihat dari bidang politik dan dilihat dari bidang ekonomi, dari dua bidang tersebut maka akan dilihat dari aspek-aspek yang meliputi pengembangan peningkatan kapasitas industry lalu dilihat pula dari aspek pengembangan layana publik. Dari hasil jurnal yang penulis buat semoga dapat memberi manfaat untuk pembaca dan mampu menjelaskan apa saya yang terdapat pada salah satu layanan telematika yaitu layanan perbaikan sumber.

Kata Kunci : perbaikan sumber, fungsi, aspek-aspek.

Pendahuluan
       Layanan perbaikan sumber atau bias disebut Resource Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. The RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). onsep pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.

Layanan Perbaikan sumber (Resource Discovery Service)

Layanan telematika yang terakhir adalah layanan perbaikan sumber. Resource Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. The RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.

Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.

Kebutuhan akan SDM dapat dilihat dari bidang ekonomi dan bidang politik, yaitu :
Dilihat dari bidang ekonomi

Pengembangan telematika ditujukan untuk peningkatan kapasitas ekonomi, berupa peningkatan kapasitas industry produk barang dan jasa.
Dilihat dari bidang politik

Bagaimana telematika memberikan kontribusi pada pelayanan public sehingga menghasilkan dukungan politik.

Dari kedua bidang tersebut diatas kebutuhan terhadap telematika akan dilihat dari dua aspek, yaitu :

1. Pengembangan peningkatan kapasitas industry.

2. Pengembangan layana publik.

Sasaran utama dalam upaya pengembangan SDM telematika yaitu sebagai berikut :

a) Peningkatan kinerja layanan public yang memberikan akses yang luas terhadap peningkatan kecerdasan masyarakat, pengembangan demokrasi dan transparasi sebagai katalisator pembangaunan.

b) Literasi masyarakat di bidang teknologi telematika yang terutama ditujukan kepada old generator dan today generation sebagai peningkatan, dikemukakan oleh Tapscott.

Kesimpulan
        Perbaikan sumber yang dimaksud ialah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia yang dapat dilihat dari bidang ekonomi dan bidang politik yang meliputi Pengembangan telematika ditujukan untuk peningkatan kapasitas ekonomi, berupa peningkatan kapasitas industry produk barang dan jasa dan Bagaimana telematika memberikan kontribusi pada pelayanan public.

Daftar Pustaka
http://resty-pumpfh.blogspot.com/2009/12/layanan-telematika.html
https://adji14.wordpress.com/2012/11/02/layanan-telematika/
http://widyaitaw.blogspot.com/2014/11/layanan-telematika.html
http://vianis117.blogspot.com/2014/10/layanan-telematika.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar