Organisasi adalah suatu wadah perkumpulan dengan tujuan tertentu, tentunya dalam pengambilan keputusan atau menampakkan pengaruh baik ke individu ataupun kepada kelompok lain memiliki tahapan-tahapan tertentu.
1. Proses Mempengaruhi
-Pengertian Pengaruh
Pengaruh adalah suatu kegiatan atau
keteladanan yang menunjukan hal baik maupun tidak baik,yang dilakukan secara
langsung ataupun secara tidak langsung, sehingga mengakibatkan suatu perubahan
perilaku serta kebiasaan, baik itu individu atau kelompok.
-Elemen-elemen yang ada dalam suatu
proses mempengaruhi antaralain :
§ Orang yang mempengaruhi
§ Metode yang digunakan untuk mepengaruhi,dan
§ Orang yang di pengaruhi
- Metode mempengaruhi
§ Kekuatan fisik,
metode ini dilakukan menggunakan fisik, seperti menggunakan tangan dalam
mempengaruhi individu maupun kelompok (berhubungan dengan kekerasan).
§ Penggunaan sanksi,
metode ini dilakukan dengan memberikan sanksi kepada individu maupun kelompok,
sanksi yang diberikan berupa sanksi positif maupun negatif.
§ Keahlian, metode
ini dilakukan dengan keahlian, seseorang yang mempengaruhi mempunyai keahlian
dalam mempengaruhi individu maupun kelompok.
§ Kharisma (daya tarik),
pada metode ini seseorang yang dipengaruhi akan tertarik kepada orang yang
mempengaruhi, karena orang tersebut memiliki kharisma tanpa harus menggunakan
kekuatan fisik, sanksi maupun keahlian.
-Daerah pengaruh mencakup
hubungan-hubungan,
§ Antar perseorangan
§ Kelompok dengan seseorang,dan
§ Seseorang dengan Kelompok
- Analisis French-Raven
Mereka mendifiniskan kekuasaan
berdasarkan pada pengaruh, dan pengaruh berdasarkan pada perubahan psikologis.
Pengaruh adalah pengendalian yang dilakukan oleh seseorang dalam organisasi
(masyarakat) terhadap orang lain. Konsep penting atas gagasan ini adalah bahwa
kekuasaan merupakan pengaruh laten (terpendam) sedangkan pengaruh merupakan
kekuasaan dalam kenyataan (yang direalisasikan).
French- Raven membagi 5 sumber basis
kekuasaan:
§ Kekuasaan Balas jasa
§ Kekuasaan Paksaan
§ Kekuasaan Sah
§ Kekuasaan Ahli
§ Kekuasaan Panutan
Contoh Kasus :
Pada tahun 2011 lalu, nama Muhammad
Nazaruddin ramai diperbincangkan. Selain dikenal sebagai politisi karena
jabatannya sebagai Bendahara Umum Demokrat, dia ternyata dikenal juga sebagai
pengusaha. Dia bertambah terkenal belakangan sejak namanya kembali disebut-sebut
di berbagai pemberitaan karena tersangkut masalah hukum. Kasus yang terbaru
yang membelit Nazaruddin dan sekaligus mengegerkan Partai Demokrat adalah
dugaan keterlibatannya dalam kasus suap kepada Wafid Muharram, mantan
Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga. Kasus itu membuat para anggota
Partai Demokrat bersikap malu dan telah mempengaruhi juga organisasi HMI (
Himpunan Mahasiswa Islam) yang dimana Nazaruddin tersebut pernah menjadi
anggota organisasi tersebut. Membuat HMI merasa malu, dan banyak komentar yang
pedas dilontarkan tentang perilaku Nazaruddin tersebut. Kasus itu juga
kabarnya mengusik Istana (Presiden SBY). Sehingga beredar pula kabar,
Nazaruddin bisa saja dipecat dari jabatannya di partai.
2. Proses Pengambilan Keputusan
Proses pengambilan keputusan dalam
organisasi ialah kumpulan yang terdiri dari beberapa orang untuk mencapai
tujuan bersama, didalam organisasi rentan terjadinya selisih pendapat begitu
juga keputusan dalam mengambil sikap, dapat diartikan cara organisasi dalam
pengambilan keputusan. Terdapat 4 metode bagaimana cara organisasi dalam
pengambilan keputusan, ke 4 metode tersebut adalah : yaitu kewenangan tanpa
diskusi (authority rule without discussion), pendapat ahli (expert opinion),
kewenangan setelah diskusi (authority rule after discussion), dan kesepakatan
(consensus).
§ Kewenangan Tanpa Diskusi
Biasanya metode ini sering dilakukan oleh para pemimpin yang terkesan militer. mempunyai beberapa keuntungan jika seorang pemimpin menggunakan metode ini dalam pengambilan keputusan, yaitu cepat, maksudnya seorang pemimpin mempunyai keputusan ketika oraganisasi tidak mempunyai waktu yang cukup untuk menentukan atau memutuskan kebijakan apa yang harus diambil. Tetapi apabila metode ini sering dipakai oleh pemimpin akan memicu rasa kurang kepercayaan para anggota organisasi tersebut terhadap kebijakan yang telah diambil oleh pemimpin tanpa melibatkan para anggota yang lainnya dalam perumusan pengambilan keputusan.
Biasanya metode ini sering dilakukan oleh para pemimpin yang terkesan militer. mempunyai beberapa keuntungan jika seorang pemimpin menggunakan metode ini dalam pengambilan keputusan, yaitu cepat, maksudnya seorang pemimpin mempunyai keputusan ketika oraganisasi tidak mempunyai waktu yang cukup untuk menentukan atau memutuskan kebijakan apa yang harus diambil. Tetapi apabila metode ini sering dipakai oleh pemimpin akan memicu rasa kurang kepercayaan para anggota organisasi tersebut terhadap kebijakan yang telah diambil oleh pemimpin tanpa melibatkan para anggota yang lainnya dalam perumusan pengambilan keputusan.
§ Pendapat Ahli
Kemampuan setiap orang berbeda-beda, ada yang berkemampuan dalam hal politik, pangan, tekhnologi dan lain-lain, sangat beruntung jika dalam sebuah organisasi terdapat orang ahli yang kebetulan hal tersebut sedang dalam proses untuk diambil keputusan, pendapat seorang ahli yang berkopeten dalam bidangnya tersebut juga sangart membantu untuk pengambilan keputusan dalam organisasi.
Kemampuan setiap orang berbeda-beda, ada yang berkemampuan dalam hal politik, pangan, tekhnologi dan lain-lain, sangat beruntung jika dalam sebuah organisasi terdapat orang ahli yang kebetulan hal tersebut sedang dalam proses untuk diambil keputusan, pendapat seorang ahli yang berkopeten dalam bidangnya tersebut juga sangart membantu untuk pengambilan keputusan dalam organisasi.
§ Kewenangan Setelah Diskusi
Metode ini hampir sama dengan metode yang pertama, tapi perbedaannya terletak pada lebih bijaknya pemimpin yang menggunakan metode ini disbanding metode yang pertama, maksudnya sang pemimpin selalu mempertimbangkan pendapat atau opini lebih dari satu anggota organiasi dalam proses pengambilan keputusan. Terdapat kelemahan didalam metode ini, setiap anggota akan besaing untuk mempengaruhi pemimpin bahwa pendapatnya yang lebih perlu diperhatikan dan dipertimbangkan yang ditakutkan pendapat anggota tersebut hanya mamberikan nilai positif untuk dirinya dan merugikan anggota organisasi yang lai.
Metode ini hampir sama dengan metode yang pertama, tapi perbedaannya terletak pada lebih bijaknya pemimpin yang menggunakan metode ini disbanding metode yang pertama, maksudnya sang pemimpin selalu mempertimbangkan pendapat atau opini lebih dari satu anggota organiasi dalam proses pengambilan keputusan. Terdapat kelemahan didalam metode ini, setiap anggota akan besaing untuk mempengaruhi pemimpin bahwa pendapatnya yang lebih perlu diperhatikan dan dipertimbangkan yang ditakutkan pendapat anggota tersebut hanya mamberikan nilai positif untuk dirinya dan merugikan anggota organisasi yang lai.
§ Kesepakatan
Dalam Metode ini, sebuah keputusan akan diambil atau disetujui jika didalam proses pengambilan keputusan telah disepakati oleh semua anggota organisasi, secara transparan apa tujuan, keuntungan bagi setiap anggota sehingga semua anggota setuju dengan keputusan tersebut. Negara yang demokratis biasanya akan menggunakan metode ini. Tetapi metode seperti ini tidak dapat berguna didalam keadaan situasi dan kondisi yang mendesak atau darurat disaat sebuah organisasi dituntut cepat dalam memberikan sebuah keputusan.
Dalam Metode ini, sebuah keputusan akan diambil atau disetujui jika didalam proses pengambilan keputusan telah disepakati oleh semua anggota organisasi, secara transparan apa tujuan, keuntungan bagi setiap anggota sehingga semua anggota setuju dengan keputusan tersebut. Negara yang demokratis biasanya akan menggunakan metode ini. Tetapi metode seperti ini tidak dapat berguna didalam keadaan situasi dan kondisi yang mendesak atau darurat disaat sebuah organisasi dituntut cepat dalam memberikan sebuah keputusan.
Keempat metode-metode diatas ialah
hasil menurut Adler dan Rodman, satu sama lainnya tidak dapat dikatakan
metode satu terbaik yang digunakan dibanding metode yang lainnya, dapat
dikatakan efektif jika metode yang mana yang paling cocok digunakan dalam
keadaan dan situasi yang sesuai bergantung pada faktor :
§ Jumlah waktu yang ada dan dapat dimanfaatkan
§ Tingkat pentingnya keputusan yang akan diambil oleh
kelompok, dan
§ Kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh pemimpin kelompok
dalam mengelola kegiatan pengambilan keputusan tersebut.
- Menurut Fisher pada hakekatnya ada
dua model proses pengambilan keputusan yaitu :
a. Model preskriptif (pemberian
resep perbaikan) :
§ Menerangkan bagaimana kelompok seharunya mengambil
keputusan.
§ Memberikan pedoman dasar, agenda, jadwal urut-urutan yang
membantu kelompok mencapai consensus.
§ Di ambil berdasarkan pada proses yang ideal.
Contoh : model pemikiran reflektif
yang di kemukakan oleh Dewey yaitu PERT.
b. Model deskriptif :
§ Meneruskan bagaimana kelompok seharusnya mengambil keputusan
tertentu.
§ Berhubungan dengan observasi kelompok yang mengambil
keputusan-keputusan dan menggambarkan proses tersebut.
§ Diambil berdasarkan realitas observasi
- Konsep Pengambilan Keputusan,
yaitu:
§ Identifikasi dan diagnosis masalah
§ Pengumpulan dan analisis data yang relevan
§ Pengembangan dan evaluasi alternatif
§ Pemilihan alternatif terbaik
§ Implementasi keputusan dan evaluasi terhadap hasil -hasil.
- Tipe –Tipe Keputusan Manajemen
§ Keputusan- keputusan perseorangan dan strategi
§ Kepusan- keputusan pribadi dan strategi
§ Keputusan- keputusan dasar dan rutin
-Teknik Pengambilan Keputusan
§ Teknik- teknik kreatif: Brainstorming & Synectics
§ Teknik- teknik partisipatif
§ Teknik- teknik pengambilan keputusan Modern : Teknik Delphi,
Teknik Kelompok Nominal
Contoh Kasus:
Pengambilan keputusan untuk memenuhi
kebutuhan mutu sekolah dalam rangka pendidikan nasional. Esensi dari MPMBS
adalah otonomi sekolah dan pengambilan keputusan partisipatif untuk mencapai
sasaran mutu sekolah (Depdiknas, 2000). Otonomi dalam si … keputusan untuk
memenuhi kebutuhan mutu sekolah dalam rangka pendidikan nasional. Esensi dari
MPMBS adalah otonomi sekolah dan pengambilan keputusan partisipatif untuk
mencapai sasaran mutu sekolah (Depdiknas, 2000).Otonomi dalam sistem dan pen …
organisasi. Begitu juga dalam organisasi kependidikan, keputusan pendidikan
merupakan faktor esensial dalam menentukan kebijakan-kebijakan pendidikan. Oleh
karena itu sebuah keputusan pendidikan perlu ditentukan melalui proses
pengambilan keputusan …
Dalam era desentralisasi, sekolah
memiliki otonomi yang seluas-luasnya yang menuntut peran serta masyarakat
secara optimal. Bentuk nyata dari otonomi pendidikan dan otonomi sekolah adalah
manajemen berbasis sekolah.Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS)
atau School Based Management merupakan pengkoordinasian dan penyerasian sumber
daya yang dilakukan secara mandiri oleh sekolah dengan melibatkan semua
kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah (stakeholders) secara langsung
dalam proses pengambilan keputusan untuk memenuhi kebutuhan mutu sekolah dalam
rangka pendidikan nasional. Esensi dari MPMBS adalah otonomi sekolah dan
pengambilan keputusan partisipatif untuk mencapai sasaran mutu sekolah
(Depdiknas, 2000).Otonomi dalam sistem dan pengelolaan pendidikan bertujuan
untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat (Caldwell
dan Spinks, 1992). Konsep ini merupakan suatu bentuk pengelolaan sekolah yang
menjamin sekolah memiliki otonomi yang luas dalam mengelola pembelajaran,
sumber dayanya, menentukan kebijakan yang sesuai dengan keinginan lembaga dan
masyarakat, serta dalam pengelolaannya melibatkan orang tua dan masyarakat, dan
tidak mengabaikan kebijakan nasional. Melalui kebijakan ini, pihak sekolah
memiliki keleluasaan dalam pengambilan keputusan tentang pengelolaan sumber
daya, kurikulum, dan peningkatan profesionalisme guru dan staf. Hal ini tentu
menuntut keleluasaan guru dan karyawan dalam berapresiasi dan berinovasi sesuai
dengan kondisi lingkungan yang ada, tanpa harus terikat dengan aturan-aturan kurikulum
yang ketat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar